”Peningkatan Softskill Mahasiswa”


Di saat sistem perkuliahan seperti sekarang ini dimana para mahasiswa berpacu untuk dapat lulus kuliah cepat dengan hasil nilai yang bagus membuat mahasiswa hanya berfokus terhadap perkuliahan dan tugas kuliah saja. Dengan sistem perkuliahan tersebut maka muncul keengganan dikalangan mahasiswa dalam berorganisasi. Anggapan bahwa dengan berorganisasi hanya memperlama waktu perkuliahan serta hasil nilai yang kurang bagus menjadikan hanya sedikit mahasiswa yang mau aktif berorganisasi.
Dengan mengikuti organisasi mahasiswa (ormawa) justru mahasiswa dapat melatih softskill-nya yang dapat menunjang ilmu yang dikuasainya. Ilmu atau teori yang didapat dibangku perkuliahan dapat diterapkan di dalam organisasi mahasiswa (ormawa) yang diikutinya, dengan begitu mahasiswa memperoleh keduanya secara bersamaan.
Perlu adanya pengetahuan keuntungan yang didapat mahasiswa jika mereka mengikuti atau bergabung di organisasi mahasiswa (ormawa), apalagi dengan akan diterbitkannya lampiran transkip nilai kegiatan mahasiswa didalam ijazah. Kendati lampiran, transkrip tersebut dapat digunakan sebagai tambahan untuk menjadi pertimbangan saat melamar pekerjaan. Penerbitan transkip kegiatan mahasiswa ini baru dimulai pada tahun 2013/2014 namun dirasa perlu dari sekarang informasi ini diketahui oleh kalangan mahasiswa agar mereka mengerti keuntungan mengikuti ormawa.
Banyak sarjana yang meraih nilai kumulatif tinggi pada bidang keilmuannya namun sarjana tersebut belum tentu terampil saat diberi pekerjaan. memiliki kemampuan softskills yang memadai penting untung menunjang ilmu yang dikuasainya. Artinya semakin tinggi nilai softskill-nya, semakin terampil pula dalam bekerja.

Penulis adalah Bidang PTK HMI Komisariat FISIP UNS Periode 2011-2012

Tinggalkan komentar